Top of Form
Nov.01, 2010 in Uncategorized Leave a Comment
Universitas Gunadarma memiliki beberapa layanan Website yang memudahkan mahasiswa maupun dosen untuk mencari dan memperoleh inforrmasi tentang kampus, di antaranya :
1. BAAK Online
Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) adalah unsur pelaksana dan penanggung jawab administrasi akademik dan kemahasiswaan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab mengembangkan sistem program dan sumber daya biro, mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan mengendalikan kualitas pelaksanaan sistem dan program pelayanan, serta mempertanggung jawabkan kinerja administrasi akademik.
STRUKTUR ORGANISASI
Untuk mendukung kegiatan operasi BAAK dibantu oleh 45 staff yang dipimpin oleh seorang Kepala Biro dan dibantu oleh dua orang Kepala Bagian serta enam orang Kepala Sub Bagian yaitu:
Kepala Biro
Mukayat
Kepala Bagian Pendidikan dan Kerjasama
Agus Gunaryo
Kepala Bagian Kemahasiswaan
Subiono
Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik
M. Takrip
Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi
Nur Hidayati
Kepala Sub Bagian Sarana Pendidikan
Gatut Suprijanto
Kepala Sub Bagian Kerjasama
Kuswarini
Kepala Sub Bagian Minat Penalaran dan Informasi
Sunarto
Kepala Sub Bagian Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa
Surachmad
FASILITAS YANG DAPAT DIMANFAATKAN OLEH MAHASISWA
Ruang Student Services
Meeting Room
Baak Online dimanfaatkan oleh mahasiswa gunadarma untuk memperoleh dan menacari informasi misalnya tentang kalender akademik seperti jadwal perkuliahan,jadwal ujian, jadwal pengisian KRS,dll.
2. Studentsite.
Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui
(a) informasi jadwal kuliah dan ujian,
(b) informasi atau tugas dari dosen, dan
(c) Daftar Nilai Sementara (DNS).
Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center. Fitur lainnya adalah fasilitas email, forum atau group discussion, pendaftaran sidang akhir, dan pemesanan surat keterangan.
3. Helpdesk.
Helpdesk ini ditujukan untuk mengoptimalisasi layanan di lingkup Universitas Gunadarma. Setiap keluhan/pertanyaan akan diberikan sebuah nomor komplain yang dapat di gunakan untuk mengetahui progress dari helpdesk. Sebagai reference helpdesk tetap menyimpan archive dan history dari semua keluhan/pertanyaan yang di ajukan.
4. Carrer.
Unit khusus yang berada di bawah BAPSI dengan cakupan tugasnya adalah
(1) memelihara basis data alumni yang bisa dimutakhirkan melalui situs career center,
(2) memberikan layanan informasi lulusan ke calon pengguna lulusan atau perusahaan-perusahaan,
(3) memberikan layanan proses penerimaan atau penyaluran lulusan berdasarkan permintaan calon pengguna,
(4) mengembangkan dan memelihara layanan berbasis web,
(5) Melakukan koordinasi dengan program studi atau unit kerja terkait lainnya dalam melaksanakan e-tracer study.
5. library.
Situs ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.
Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Perpustakaan UG untuk program profesional dan sarjana terletak beberapa lokasi kampus yaitu di kampus D – depok , kampus E – kelapa dua,kampus J – Kalimalang, Akademi Kebidanan serta perpustakaan program pasca sarjana terletak di kampus C – kenari . Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampus depok. Dan semua cabang perpustakaan universitas gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain.
6. Ugpedia.
UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.
Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah:
1. InstantResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.
2. Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain, kami menyadari bahwa dengan banyaknya subdomain tersebut sulit bagi anda untuk mencari informasi pada subdomain yang kami miliki. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
3. Sehubungan dengan term “wikipedia” yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu adik, teman maupun pihak lain yang membutuhkannya.
7. elearning
E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.Ada beberapa pengertian berkaitan dengan e-Learning sebagai berikut :
Pembelajaran jarak jauh.
E-Learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Pembelajar bisa berada di Semarang, sementara “instruktur” dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real-time ataupun secara off-line atau archieved.
Pembelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.
Pembelajaran dengan perangkat komputer
E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal. Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning. Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.
Pembelajaran formal vs. informal
E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum. E-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing.
Walaupun sepertinya e-Learning diberikan hanya melalui perangkat komputer, e-Learning ternyata disiapkan, ditunjang, dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidang masing-masing, yaitu:
Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari pelatihan yang disampaikan
Instructional Designer (ID), bertugas untuk secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari
Graphic Designer (GD), mengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari
Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.
Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain, dan pembelajar lain. Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang diperoleh.
E-Learning tidak diberikan semata-mata oleh mesin, tetapi seperti juga pembelajaran secara konvensional di kelas, e-Learning ditunjang oleh para ahli di berbagai bidang terkait.
Melalui sistem E-learning Universitas Gunadarma ini para dosen dapat mengelola materi perkuliahan secara on-line, yakni: menyusun SAP, meng-upload materi perkuliahan, memberikan tugas kepada mahasiswa, menerima pekerjaan mahasiswa, membuat tes/quiz, memberikan nilai, memonitor keaktivan mahasiswa, mengolah nilai mahasiswa, berkomunikasi dengan mahasiswa melalui forum diskusi dan chat, dll.
Mahasiswa dapat mengakses informasi dan materi pembelajaran, berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dosen, melakukan transaksi tugas-tugas perkuliahan, mengerjakan tes/quiz, melihat pencapaian hasil belajar, dll.
8. Seminar
website ini memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk mengetahui jadwal seminar atau workshop yang akan diselenggarakan.
9. UG Community
website ini dimanfaatkan mahasiswa,alumni, staff dan dosen untuk berbagi informasi.
10. SAP
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
Bobot kredit.
Tujuan mata kuliah.
Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
Nama pengajar.
Waktu dan tempat kuliah
Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
11. wartawarga
tempat para mahasiswa berkreativitas dalam menulis dan dapat di publish di dalam Warta Warga Gunadarma yang bisa dibrowsing oleh siapa saja.
Manfaat dari Warta Warga Gunadarma bagi pembaca adalah dapat memberikan informasi tentang tema diantara lain:
• Adat Istiadat
• Cerpen
• Disain & Arsitektur
• Ekonomi&Bisnis
• Elektronika & Otomotif
• Fashion
• Featured
• Hobi
• Hukum & Perundangan
• Indonesiaku
• Karya Ilmiah
• Keluarga & Parenting
• Kuliner
• Lingkungan Hidup
• Media dan Telekomunikasi
• Musik
• News and Events
• Obat dan Kesehatan
• Olah Raga
• Opini
• Pendidikan
• Perilaku & Gaya Hidup
• Psikologi
• Puisi
• Renungan
• Reportase
• Resensi Buku
• Resensi Film
• Sastra
• Sketsa Kehidupan
• Software Review
• Teknologi
• Tips and Trick
• Tokoh
• Umum
• Wawancara Wisata
Manfaat yang dirasakan dari Warta Warga Gunadarma sangat besar, membantu mahasiswa menuangkan pikiran,mengajarkan cara penulisan yang baik layaknya jurnalis, informasi yang uptodate, membuat mahasiswa kreativ menggunakan kata-kata, dan banyak lagi.
12. v-class.
Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, Universitas Gunadarma terus mengembangkan diri untuk menjawab tuntutan pasar global atas pendidikan yang bermutu. Dengan mengacu program dari DIKTI yang memiliki tujuan untuk memeratakan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya program tersebut mendorong Universitas Gunadarma untuk bisa menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dengan rekan sesama perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi di luar Jawa ataupun perguruan tinggi yang tergabung dalam perguruan tinggi di Jawa Barat. Idenya adalah dengan mengadakan virtual class sehingga semua mahasiswa di lingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma.
Berikut ini rincian apa yang harus dilakukan Dosen dan Mahasiswa dalam sistem virtual class :
Yang dilakukan Dosen :
* Pembukaan kelas disini dosen memberikan instruksi kepada mahasiswa untuk melakukan absen.
* Penutupan kelas.
* Presentasi dengan video streamming .
* Upload dan download materi perkuliahan yang akan diberikan.
* Membuat soal ujian, model soal diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengajar.
* Memeriksa jumlah mahasiswa yang hadir atau mengikuti virtual class ini.
* Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dengan menggunakan microphone atau lewat chatting.
* Memberikan tugas yang menunjang materi yang dibawakan.
* Diskusi melalui forum (optional).
Yang dilakukan Mahasiswa :
* Absen secara Online menggunakan web yang disediakan.
* Evaluasi dalam bentuk Online.
* Berinteraksi dengan dosen secara audio visual dan atau menggunakan fasilitas chatting
* Diskusi melalui forum (optional).
* tautan (link) alamat URL dari sub domain yang dijadikan materi tulisan :
1. http://baak.gunadarma.ac.id
2. http://studentsite.gunadarma.ac.id
3. http://helpdesk.guanadarma.ac.id
4. http://carrer.gunadarma.ac.id
5. http://library.gunadarma.ac.id
6. http://ugpedia.gunadarma.ac.id
7. http://elearning.gunadarma.ac.id
8. http://seminar.gunadarma.ac.id
9. http://community.gunadarma.ac.id
10. http://sap.gunadarma.ac.id
11. http://wartawarga.gunadarma.ac.id
12. http://v-class.gunadarma.ac.id
BERSAMA GUNADARMA KITA RAIH MASA DEPAN
ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM
Sep.27, 2010 in Uncategorized Leave a Comment
Tugas ISD minggu ke-1 :
dateline selasa 29 September 2010 jam 24.00
Judul : ISD Sebagai salah satu MKDU
Tujuan Instruksional Umum :
Mahasiswa memahami hakekat dan fungsi ISD dalam perguruan Tinggi
Jelaskan point-point di bawah ini dalam minimal 2 lembar HVS font 12 huruf bebas dan berikan ilustrasi gambar. Jangan lupa cantumkan sumber datanya.
1. menjelaskan tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi
2. menjelaskan 3 kemampuan yang diharapkan dihasilkan dari lulusan pendidikan tinggi
3. menjelaskan latar belakang diberikannya ISD
4. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ISD
5. menyebutkan tujuan ISD
6. menyebutkan 3 kelompok ilmu pengetahuan
7. menjelaskan pengertian masalah sosial
8. memberikan contoh masalah sosial
Satu paragraf terakhir berisi pendapat/pikiran anda mengenai salah satu point di atas yang anda anggap menarik.
Menghadapi masalah – masalah dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, demikian pula untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan Negara, maka di selenggarakan program – program pendidikan umum di perguruan tinggi adalah :
Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.
Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli bebagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi. Jadi pendidikan umum yang menitikberatkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam bidang atau disiplin ilmunya.
Mata Kuliah Dasar Umum atau MKDU yang terdiri dari beberapa mata uliah yaitu :
Agama
Kewarganegaraan
Pancasila
Kewiraan
IBD
ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah salah satu mata kulah dasar umum yang merupakan mat kuliah wajib yang di berikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan di berikannya mata kuliah ini adalah semata – mata sebagai salah satu usaha yang di harapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah – masalah social yang terjadi di lingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.
Tiga kemampuan yang di harapkan dari lulusan perguruan tinggi yaitu :
Kemampuan akademis
Kemampuan utuk berkomuikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan, meugasai peralatan analisis maupun berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis. Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang di hadapi serta mampu menawarkan alternative pemecahannya.
Kemampuan professional
Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
Kemampuan personal
Kemampuan kepribaribadian. Dengan kemampuan kepribadian ini para tenaga ahli di harapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap dan tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai – nilai keagamaan kemasyarakatan dan kenegaraan serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan tehadap berbagai masalah yang di hadapi oleh masyarakat Indonesia.
Secara khusus Mata Kulaih Dasar Umum bertujuan untuk warga Negara sarjana yang :
Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehiduoan bermasyarakat dan secara bersama – sama mampu berperan serta meningkatkan Ilmu Sosial Dasar, kualitasnya maupun lingkngan alamiahnya dan secara bersama – sama berperan serta dalam pelestariannya.
Takwa terhadap Tuhan Yang Mahasiswa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain.
Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai – nilai pancasila dan memilki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
(sumber : http://web-grenalio.co.cc/)
Ilmu pengetahuan dapat di kelompokan melalui beberapa cara. Secara umum ilmu pengetahuan di kelompokan menjadi tiga yaitu :
Ilmu pengetahuan alam
Ilmu pengetahuan sosial, dan
Ilmu pengetahuan budaya atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humaniora.
Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan IlmuAlamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya dasar sebagai mata kuliah dasar umum yang wajib diambil oleh mahasiswa di samping mata kuliah dasar umum lainnya seprti Agama, Pancasila dan Kewiraan. Matakuliah Ilmu Sosial Dasar bukanlah merupakan suatu disiplin ilmu tetapi lebih merupaka kajian yang sifatnya multi atau interdisipliner. Ilmu Sosial Dasar di asjarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum kepada mahasiswa tentang konsep – konsep yang di kembangkan untuk mengkaji gejala – gejala sosial yang terjadi disekitarnya. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memberikan kepekaan sosial yang dimilikinya da di harapkan memiliki kepedulian sosial dalam menerapkan imunya di masyarakat.
( sumber : diposkan oleh mudita ).
Pengertian Masalah Sosial.
Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur – unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosila. Jika terjadi bentrokan untara unsur – unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosila dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis factor, yakni antara lain :
Faktor Ekonomi
Contoh : kemiskinan, pengangguran, dll
Faktor Budaya
Contoh : Perceraian, kenakalan remaja, dll
Faktor Biologis
Contoh : penyakit menular, keracunan makanan, dll
Faktor Psikologis
Contoh : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.
(sumber : organisasi. Org Komunitas dan Perpustakaan Online Indonesia)
STUDI KASUS
Pengertian ISD.
Ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu pengetahuan yang di pelajari untuk mengkaji masalah – masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat.
Contoh masalah – masalah sosial yg terjadi di dalam masyarakat menurut saya yaitu lapangan pekerjaan yang terbatas, pengangguran,dan kemiskinan. Tiga masalah ini sangat berhubungan erat karena dengan lapangan pekerjaan yang terbatas menyebabkan pengangguran merajalela di mana – mana, dan makin banyaknya pengangguran maka tidak menutup kemungkinan kemiskinan pun akan tejadi. Tiga masalah ini harus mendapat perhatian penuh dari pemerintah karena sangat berdampak pada perkembangan dan kemajuan bangsa.Ketersediaan lapangan kerja yang terbatas tidak mampu menyerap para pencari kerja yang senantiasa bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Tingginya angka pengangguran tidak hanya menimbulakan masalah – masalah dibidang ekonomi, melainkan juga berbagai masalah di bidang sosial, seperti kemiskinan. Dari sisi ekonomi, pengangguran merupakan produk dari ketidakmampuan pasar kerja dalam menyerap angkatan kerja yang tersedia.
* LAPANGAN PEKERJAAN
* PENGANGGURAN
*.KEMISKINAN
KOTA TUAL
Sep.25, 2010 in Uncategorized Leave a Comment
Kota Tual adalah salah satu kota yang terdapat di Provinsi Maluku, di pimpin oleh Wali Kota dan wakil wali kota yaitu hj.MM Tamher ( wali Kota ) dan ( Adam Rahayaan Wakil Wali Kota ), pemrintahan ini berjalan belum lama. kira – kira baru empat tahun. dulu Tual masih bergabung dengan Kabupaten Maluku Tenggara, tapi pada tahun 2007 Kabupaten Maluku Tenggara di mekarkan menjadi dua Wilayah yaitu wilayah Kota Tual dan Wialayah Kabupaten Maluku Tenggara.
* Tempat Wisata yang ada di Kota Tual
Kota Tual selain terkenal dengan kekayaan lautnya juga banyak tempat – tempat wisata yang terdapat di sana. tapi sayang , yang saya lihat pemerintah kurang mempromosikannya dalam hal ini Dinas Pariwisata, jadinya tidak begitu banyak orang yang tau. saya sendiri asli dari Kota Tual, tapi saya hanya tau satu tempat wisata yang ada di Kota Tual yaitu Difur ( nama tempat wisata ). sayang sekali, padahal saya yakin masih banyak lagi, tapi sayang kurang mendapat perhatian dari pemerintah Kota khususnya Dinas Pariwisata. seharusnya Pemeritah Kota Tual dalam hal ini Dinas pariwisata berusaha keras untuk mempromosikan kekayaan alam yang ada di Kota Tual. kalau memang belum bisa sampai ke manca negara seperti Bali, ya di Indonesia saja tidak apa – apa. pesan saya buat pemerintah Kota Tual dan Dinas Pariwisata tolong bekerja sama untuk mempromosikan kekayaan alam yg ada di kota tual karena percuma saja kita punya begitu banyak kekayaan alam tapi terabaikan begitu saja dan pada akirnya hanya orang – orag asing yang datang dan merebut semuanya dari kita.
* Makanan Tradisional Masyarakat Kota Tual
makanan tradisional masyarakat Kota Tual yaitu Ikan Bakar, Embal ,sir -sir dan sambal tomat.
” ayo bekerja sama untuk membangun Kota Tual yang lebih baik lagi “…..
Minggu, 31 Oktober 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar